Grup Keroncong “Rentjang Rentjong” siaran Live "Wideshot" MetroTV


SEMARANG- Lagu Gambang Semarang jika dinyanyikan dengan alat music modern tentu menjadi hal biasa. Tapi bagaimana jika lagu khas Semarang ini  dibawakan dalam versi keroncong, dan dilantunkan oleh sekumpulan anak muda?

Remaja Peduli Keroncong, tema itulah yang ditampilkan oleh Udinus saat siaran langsung selama 30 menit bersama MetroTv dalam program Wideshot di aula lt3 kampus Udinus  jl. Nakula I no.5-11 Semarang, baru-baru ini.Tepat pukul 14.05 ceremony dan performance grup music Rentjang Rentjong dari UKM Teater Kapling mengalami acara live wide shot. Lagu Gambang Semarang sebagai pembukaan segmen, menjadi pertanda acara wide shot dimulai dan langsung mendapat sambuat meriah peserta. Acara yang digagas oleh Udinus, dalam hal ini program studi Broadcasting, Fakultas Ilmu Komputer ini berlangsung meriah dan mendapat sorak sorai peserta yang berasal dari berbagai program studi ini. Dalam kesempatan itu pihak metroTv memberikan coaching  clinic , worshop dan motivasi dalam menjadi jurnalis televisi yang handal. Kegiatan clinic tersebut akan berlangsung hingga Senin(7/9) mendatang dengan materi dunia jurnalistik hingga sharing pengalaman dari para jurnalis Metrotv senior. Lebih dari 400 orang mahasiswa di lingkungan Udinus dan dari kampus lain ikut serta memadati acara itu.Acara live juga dibuka oleh laporan reporter metrotv Robert diiringi lagu gambang Semarang versi keroncong oleh Rentjang Rentjong.

Iyeng Veda, salah satu vokalis Rentjang Rentjong mengungkapkan, “Keroncong itu tidak identik dengan tua, justru kami bisa melestarikan jenis musik ini dengan membawakan lagu-lagu hingga kini,” ujarnya. Di segmen selanjutnya, lagu Cinta milik Vina Panduwinata juga menghiasai suasana live.

Rektor Udinus, Dr Ir Edi Noersasongko,MKom mengaku bangga atas kreasi mahasiswanya dalam menguri-uri budaya khususnya keroncong. Apalagi ini live di Metrotv , menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami.

, “ Ini menjadi even yang berharga bagi kami, terima kasih Metro yang telah memilih kami sebagai kampus untuk menggelar acara wideshot. Semoga mahasiswa mampu berkontribusi dan terus berkarya sesuai dengan harapan Metrotv,” tegas Edi.

Ditambahkan, program TV nasional seperti Metro merupakan stasiun yang sangat konsen dalam bidang news, oleh karena even menjadi hal yang sangat bagus untuk meningkatkan kualitas dunia jurnalisme. Dan, Udinus juga memiliki program studi Broadcasting, sehingga sangat pas untuk memperdalam pelatihan jurnalistik warga.(humas)

Last Update : 17 September 2021