Komunitas Doscom Udinus, Raih Penghargaan Open Source Award


SEMARANG- Teknologi memang tak pernah habis buat diikuti, terlebih jika banyak kegiatan yang diadakan untuk makin membuka peluang menemukan teknologi baru. Selain dengan menciptakan teknologi baru, kompetisi-kompetisi juga selalu digelar untuk menjaring penggerak teknologi baru yang dapat memajukan bangsa.

Baru-baru ini,  sebuah komunitas DOSCOM (Dinus Open Source Community), sebuah komunitas dari kampus Udinus Semarang mampu menyumbangkan prestasi dalam dunia teknologi, khususnya yang digelar  Indonesia Open Source Award (IOSA) 2013. Adalah  Wildanil Ghozi dan M. Choriq Untiarasani (keduanya mahasiswa TI S1 semester 5), memenangkan Juara 3 Indonesia Open Source Award 2013 untuk kategori komunitas. 

Wildan mengaku, setelah mengirimkan profil ke perhelatan IOSA 2013 ke-4 yang digelar oleh Kemenkominfo ini, DOSCOM lolos di babak penjurian tahap 2. Penjurian tahap 2 ini meliputi presentasi di depan juri yang mengulik tentang kegiatan- kegiatan apa saja yang dilakukan DOSCOM, hingga pengelolaan anggaran di komunitas tersebut.

“Kami mengikuti tahap demi tahap proses seleksi yang dilakukan penyelenggara, hingga akhirnya kami dinyatakan sebagai salah satu yang memenangkan kompetisi ini,” ujar Wildan.

Wildan menambahkan, setelah mengikuti lomba ini, DOSCOM makin bersemangat untuk menggelar kegiatan-kegiatan lain, seperti yang akan dilaksanakan November akhir 2013 mendatang. Yaitu perayaan software freedom day, yang akan mengetengahkan berbagai kegiatan agar pengguna teknologi computer makin nyaman dengan open source software yang digunakannya. 

Indonesia Open Source Award (IOSA) merupakan perhelatan yang diisi dengan penghargaan terhadap kepada komunitas, Instansi Pemerintah, Lembaga Pendidikan dan Masyarakat Umum yang telah migrasi dan mengimplementasikan open source software dalam mendukung kebutuhan ICT di lingkungannya.

“Ini adalah salah satu bukti nyata sebagai suatu komunitas yang dibina dengan baik di Udinus, dan prestasi ini jelas makin menambah perbendaharaan kami. Sejak berdiri tahun 2007 hingga sekarang, banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini. Seperti diketahui komunitas ini juga baru saja membuat terobosan baru dengan meluncurkan software terbaru dari Linux,” tegas Kahumas Udinus, Agus Triyono,MSi.(humas)

 

Last Update : 25 September 2021