Poltekes Kemenkes Tasikmalaya Studi banding ke FKes Udinus


SEMARANG- Menjadi salah satu universitas favorit di Jawa Tengah, tidak lantas menjadikan Udinus jadi tinggi hati. Namun hal ini justru menjadikan Udinus membuka diri untuk perguruan tinggi lain untuk saling bertukar informasi. Seperti yang dilakukan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Udinus baru-baru ini menerima kunjungan studi banding dari Progdi D3 Perekam dan Informasi Kesehatan Poltekes Kemenkes Tasikmalaya.

Dalam kunjungan ini, pihak Poltekes Kemenkes Tasikmalaya diwakili oleh Kajur, Sekjur, dan beberapa jajaran pegawai kampus tersebut. Adapun dari pihak Fakultas Kesehatan Masyarakat Udinus diterima oleh Sekretaris Dekan Eti Rimawati, SKM, M.Kes, Kaprogdi Rekam Medis Arif Kurniadi, M.Kom, dan beberapa jajaran dosen terkait. Kunjungan studi banding seperti ini memang rutin dilakukan oleh Poltekes Kemenkes Tasikmalaya. Ada banyak hal yang didiskusikan oleh kedua universitas ini, diantaranya tentang sistem perkuliahan, sistem pengajaran, penelitian dan pengabdian dosen, proses akreditasi, hingga tracing alumni.

Dedi Setiadi, SKM, M.Kes selaku Kajur Perekam dan Informasi Kesehatan Poltekes Kemenkes Tasikmalaya mengungkapkan, “Dipilihnya Udinus sebagai tujuan studi banding kampus kami adalah karena Universitas Dian Nuswantoro merupakan kampus yang sudah ternama, alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat nya pun sudah tersebar di banyak tempat, dan terserap di banyak lapangan kerja, sehingga sudah pasti sistem akreditasi dan  manajemen akademiknya pastilah sudah cukup baik untuk menimba ilmu, terlebih kampus kami sedang mengajukan proses akreditasi.”

Dedi menambahkan, dari hasil pertemuan dengan jajaran akademisi Udinus, ada banyak hal yang dapat kami serap dan terapkan di kampus kami, salah satunya tentang sistem penjaminan mutu Udinus yang sangat baik.

“Kami merasa bangga dengan dijadikannya Udinus sebagai tempat studi banding dari Poltekes Kemenkes Tasikmalaya. Kami dari Fakultas Kesehatan Masyarakat  Udinus juga juga sangat menerima dengan tangan terbuka jika ada kampus lain yang ingin bertukar informasi tentang pengelolaan tempat pendidikan,” ujar Arif Kurniadi, M.Kom selaku Kaprogdi Rekam Medis, Udinus.

Selain diterima di ruang sidang FKM Udinus, tamu dari Tasikmalaya ini juga sempat berkeliling ke ruang dosen dan ruang kelas mahasiswa FKM di gedung C lantai 5, serta ke ruang praktek mahasiswa FKM di gedung D lantai 4 Universitas Dian Nuswantoro untuk melihat lebih jelas proses perkuliahan dan sistem pengajaran.(humas)

Last Update : 19 September 2021