Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


SEMARANG- Prestasi membanggakan kembali diraih Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Kini, tambah satu lagi doktor baru dibidang ekonomi berhasil menyelesaikan gelar doktor dari Universitas Diponegoro Semarang. Ia adalah salah satu doktor muda dengan prestasi tempuh tercepat dengan waktu 2 tahun  0 bulan 11 hari, sekaligus memperoleh cumlaude dengan IPK 3.78. Prestasi ini mengukuhkan sebagai doctor dengan masa studi tercepat yakni mengungguli alumni yang telah lulus sebelumnya dengan waktu 2 tahun 3 bulan di kampus yang sama.

Dia adalah Dr. Nila Tristiarini, SE, M.Si yang merampungkan gelar doctoral di Universitas dalam bidang Ilmu Ekonomi Program Studi Akuntansi.  Prestasi yang diraih oleh Nila ini akan makin memantapkan target udinus yang akan menambah perbendaharaan jumlah dosen yang berkualifikasi doktor sebanyak 50 orang doktor-doktor baru pada tahun 2014/2015, baik dari luar maupun dalam negeri.

Nila dinyatakan lulus  setelah melakukan ujian terbuka yang digelar Kamis (12/9) di ruang sidang pasca sarjana jl. Imam Barjo Semarang. Ia menyajikan desertasi berjudul “Peran Agency Cost Reduction, Kualitas Tata Kelola Perusahaan dan Resiko Pasar dalam hubungan Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan.” Ia mengangkat CSR sebagai tema sentral, karena masih banyak perdebatan akan penting atau tidaknya CSR bagi perusahaan.

Dengan diraihnya gelar doktoral di bidang Ilmu Ekonomi Program Studi Akuntasi ini, Nila dapat membuktikan kepada perusahaan-perusahaan  yang masih menentang pelaksanaan CSR, dengan melakukan pengujian yang menunjukkan bahwa dengan pelaksanaan CSR adalah resolution conflict yang dapat mereduksi agency cost, dapat memberikan implikasi yang lebih baik pada peningkatan firm value.

Selanjutnya diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi Udinus, khususnya pengembangan kualitas Fakultas Ekonomi sendiri. Dikukuhkannya gelar doktoral Nila Tristiarini ini, menambah satu lagi nilai plus Udinus di kancah pendidikan.

Dekan Fakultas Ekonomi Undip Prof Drs Mohammad Nasir,MSi,Ak Phd menyampaikan, Nila merupakan doktor yang mengukir sejarah di Undip. Karena ia merupakan doktor cumlaude dengan waktu tersingkat. Ia juga merupakan doktor ke 137 di fakultas Ekonomi, dan doktor ke 592 skala universitas.

 

“Kami bangga, semoga  ia mampu menyumbangkan penelitian ini pada masyarakat luas dan melakukan publikasi internasional untuk melengkapi kasanah akademis,” ujarnya.

Sementara itu, rektor Udinus Dr Ir Edi Noersasongko mengaku sangat bangga atas prestasi yang diraih Nila. Ia berharap sebagai doktor baru, agar mampu memberi kontribusi positif bagi kemajuan pendidikan, khususnya Udinus.

 “Ini menjadi momen bersejarah bagi institusi pendidikan karena prestasi yang luar biasa. Harapan kami kedepan dapat berperan serta untuk terus berkarya demi kemajuan pendidikan,” tegas Edi.(humas) 

Last Update : 19 September 2021