Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


SEMARANG- 3 Mahasiswa Udinus kini berprestasi lagi. Kali ini dalam bidang seni yakni desain batik. Ketiga mahasiswa tersebut berhasil lolos dan menjadi 10 finalis dalam lomba Desain Motif Batik 2013 yang diselenggarakandari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud pada 4-6 Juli lalu di Gedung D Kemdikbud Jakarta . Lomba ini merupakan kali kedua yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) yang bekerjasama dengan Yayasan Batik Indonesia. Tahun ini  mengambil tema  “Batik Nusantara Warisan Budaya Indonesia Untuk Dunia”. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Mohammad Imron prodi DKV, Adib Khoirul Anas dan Gabriel Valentinus dari prodi Teknik Industri.

Kepala Biro Kemahasiswaan Udinus Rindra Yusianto mengatakan peserta yang mendaftar untuk mengikuti lomba ini sebanyak 578 orang dari 128 perguruan tinggi di Indonesia. Namun demikian total karya yang sampai ke panitia sebanyak 302 desain. Lomba ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu 217 karya untuk batik desain sandang, dan 85 desain untuk interior.

"Alhamdulillah 3 mahasiswa kami yang lolos 10 besar finalis. Harapannya nanti kedepan akan meraih yang terbaik,"ujar Rindra.

Seperti diketahui, tim juri lomba ini berasal dari Yayasan Batik Indonesia (YBI), praktisi dan pakar batik. Dari 302 desain tersebut disaring menjadi 80 desain terbaik. Setelah itu, tanggal 15-16 Juli akan dilakukan seleksi dan penjurian lagi untuk memilih 20 desain terbaik tersebut. 20 desain motif terbaik tersebut terdiri atas 10 desain sandang dan 10 desain interior, dan akan dipamerkan dalam Gelar Batik Nusantara, di Jakarta Convention Center, pada 17-21 Juli 2013 mendatang.

Dalam kesempatan ini, Bidang Kemahasiswaan UDINUS tahun 2013 ini mengirimkan 8 buah desain motif batik hasil karya kreativitas mahasiswa Teknik Industri/S1 dan Desain Komunikasi Visual/S1. Dan prestasi yang luar biasa diperoleh, dari 8 karya yang dikirim, 3 karya lolos masuk 10 besar finalis yang akan dipresentasikan di Century Park Hotel Jakarta pada 15-17 Juli 2013.

"Prestasi ini sangat membanggakan, kita baru berpartisipasi pertama kalinya. Dari 302 karya mahasiswa se Indonesia, kita bisa mewakilkan 3 mahasiswa kita menjadi finalis 10 besar", tambah Rindra Yusianto.

Sementara itu, wakil rektor III Udinus Usman Sudibyo menyampaikan hal tersebut merupakan upaya mewujudkan tahun prestasi yang dicanangkan. Ia menilai untuk dapat meraih prestasi tingkat nasional maupun internasional, mahasiswa UDINUS perlu berpartisipasi aktif dalam even-even bergengsi, salah satunya Desain Motif Batik untuk mahasiswa ini.

Prestasi ini melengkapi raihan prestasi mahasiswa sebelumnya, diantaranya Finalis Campus League Bola Basket Tingkat Nasional, Juara I Liga Mahasiswa Bola Basket Tingkat Jateng DIY, Juara I Kejuaraan Taekwondo tingkat Kota Semarang, Juara I Pencak Silat kategori Seni Tingkat Rayon I Jawa Tengah, Juara I Panjat Dinding tingkat Rayon I Jawa Tengah dan masih banyak prestasi lainnya.

"Tahun ini, Bidang Kemahasiswaan UDINUS juga mengirimkan karya film animasi untuk diperlombakan ditingkat nasional", tambah Usman.(humas)

Last Update : 20 September 2021