Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


Sebagaimana kita ketahui, bahwa peran teknologi dan system informasi untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi dan mutu pelayanan kesehatan sudah menjadi kebutuhan yang sangat mendesak saat ini, terutama sejak pemerintah mencanangkan Universal Health Coverage di tahun 2004.

FIKI adalah Forum Informatika Kesehatan Indonesia, merupakan forum yang diselenggarakan untuk mempertemukan para praktisi, pembuat kebijakan, akademisi, peneliti, vendor dan pengguna teknologi informasi kesehatan untuk berdiskusi dan berbadi pengalaman dan pengetahuan yang terkait dengan system informasi/informatika kesehatan.

Pada tahun 2013 ini, FIKI ke-3 diselenggarakan oleh Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro Semarang, mulai tanggal 22-24 April 2013. Tema yang diangkat adalah Health Information System to Succeed the Enactment of INA-Medicare (National Health Coverage).

 

Adapun akativitas-aktivitas yang dilakukan adalah:

Pre Konferensi, 22 April 2013

  1. Workshop: Case Mix, Data Mining, Open MRS
  2. Kunjungan Lapangan ke RSUK Kariadi dan Puskesmas Halmahera
  3. Workshop Health Data Standar oleh WHO

Konferensi, 23-24 April 2013

  1. Pembicara Internasional; WHO, AeHIN, JLN, RTI
  2. Pembicara Nasional; Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementrian Dalam Negeri, IDI, PORMIKI, PIKIN, IAKMI, AIPTKMI, APTIRMIK, UDINUS, SIMKES UGM, RSUP Kariadi, Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah dan Fujitsu.
  3. Presentasi Paper dan Poster

Pasca Konferensi, 25 April 2013 : Workshop District Health Information System versi 2 (DHISv2)

Rekomendasi dari hasil kegiatan FIKI 2013 ini adalah bahwa untuk mendukung kesiapan teknologi informasi dalam mendukung Universal Health Coverage, maka perlu segera disusun standar data kesehatan untuk keseragaman data dari tiap daerah.

Kegiatan FIKI 2013 ini terselenggara berkat dukungan dari SIMKES UGM, WHO, AeHIN, JLN (Joint Learning Network), RTI (Research Triangle Institute) , FUJITSU, TELKOM, RCTI, TVKU dan IDI.

Last Update : 14 Juni 2021