Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


SEMARANG – Setelah beberapa waktu lalu Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang menggandeng Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) untuk meningkatkan kurikulum teknologi informasi. Kini, kerjasama sama tersebut ditingkatkan dalam rangka pengembangan institusi Akpol, diantaranya tenaga pengajar, penguasaan materi teknologi informasi,  dan bidang terkait IT lainnya. Seperti diketahui, kerjasama ini untuk memperkuat Akpol dalam rangka menuju World Class Police Academy yang telah diagendakan. Kerja sama ini merupakan keberlanjutan agar terjadi sinergi yang sama-sama memberi kontribusi yang sangat positif. Gubernur Akpol melalui wagub Brigjen.Pol.Drs.Srijono,MSi menyatakan bahwa sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat, sangat perlu mencermati dengan perhatian yang serius. Polri sebagai pelayan masyarakat harus cepat dalam menyikapi berbagai hal yang terjadi. Termasuk dalam merespon perkembangan ilmu pengetahuan khususnya teknologi informasi yang menjadi salah satu objek tugas kepolisian.

“Kami sangat sadar bahwa tidaklah mudah untuk menyiapkan tenaga handal dalam bidang IT. Untuk itu sangat urgent bagi kami untukt memperdalam ilmu bidang teknologi informasi dan  juga cyber crime. Hal ini penting bagi kami agar terdorong dan memiliki kemampuan,  cakap menguasai teknologi informasi,” ujar Srijono.

Pihaknya mengaku sangat bangga bisa menggandeng Udinus yang memang mempunyai brand dibidang IT. “Kami sangat memberi apresiasi pada Udinus, yang telah berkenan memberi dukungan bagi kemajuan Akpol. Kami berharap kerjasama ini dapat ditingkatkan lagi menjadi lebih baik lagi, sehingga kampus ini terus mengalami kemajuan yang pesat, dan bermanfaat bagi masyarakat,” tambahnya. Ia menambahkan, selain bidang pengajaran pihaknya juga berharap peran Tri Dharma Perguruan Tinggi yang lain seperti penelitian dan pengabdian masyarakat dapat diagendakan dan segera dilakukan antara Udinus dan Akpol.

“Tri Dharma Perguruan Tinggi menjadi hal yang wajib dilakukan bagi sebuah institusi pendidikan. Dan, ini dapat dilakukan sinergi  yang baik, sehingga hasilnya nanti juga akan positif. Sebagai contoh dalam pembentukan karakter, kami juga bisa membuat konsep tentang pembentukan karakter mahasiswa dan ini sangat penting bagi kemajuan mental mereka ,” tambahnya.

Sementara itu rektor Udinus Dr Ir Edi Noersasongko,MKom didampingi ketua Yayasan Dian Nuswantoro Tri Roestanti Noersasongko SE MM, menyatakan akan mendukung kinerja Akpol Semarang, apalagi terkait teknologi informasi.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan Akpol pada kami. Ini adalah momentum yang sangat berharga bagi kami, untuk terus berpacu dan berkarya menjadi sebuah institusi pendidikan kebanggaan dan pilihan banyak pihak, salah satunya adalah Akpol Semarang,” ujar Edi.

Edi mengaku, kepercayaan yang diberikan ini akan dioptimalkan sebaik-baiknya.  Pihaknya juga telah mempersiapkan jauh-jauh hari dalam rangka mendukung kemajuan akademis Akpol. Ia menambahkan, sangat penting bagi semua institusi pendidikan untuk meningkatkan kualitas bidang teknologi informasi, termasuk Akpol. Menurutnya, Akpol mengambil langkah yang sangat tepat untuk memperdalam dunia IT, sehingga selalu up date dan cepat dalam mengakses teknologi informasi.

“Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberi support bagi kemajuan dunia IT bagi siapa saja yang membutuhkan, termasuk dunia pendidikan. Apalagi dalam rangka meningkatkan kualitas dan mencetak generasi penerus  seperti Akpol, kami akan sangat membantu ,” tambah Edi dengan optimis.(humas)

Last Update : 19 Juni 2021