Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


SEMARANG-  Google yang dikenal masyarakat sebagai raksasa dengan situs, serta search engine nomor wahid di dunia itu akan terus memberikan support untuk kemajuan teknologi khususnya di lingkup pendidikan. Demikian disampaikan Google Indonesia dalam lawatannya ke kampus Udinus didampingi primagain, mitra training google di kampus Jl. Imam Bonjol (13/2) Semarang.  Seperti diketahui, google mempunyai konsentrasi pada peningkatan pendidikan, yang dikenal dengan google apps for education yang memiliki banyak service untuk membantu peningkatan layanan IT khususnya bidang pendidikan. Pihaknya mengaku, Udinus adalah kampus IT yang telah siap menggunakan layanan-layanan yang dimiliki google.

“Kami menganggap Udinus adalah kampus yang memang telah siap untuk menggunakan produk layanan google dibanding lainnya. Oleh karenanya, kami akan memberikan support untuk mendukung program pendidikan,” ujar  Pepita Gunawan, Edu Lead Indonesia, Google Apps Supporting Program.

Ia juga memberikan apresiasi pada Udinus yang beberapa waktu lalu mahasiswanya telah mampu terpilih sebagai duta google Asia Tenggara atau google student ambasador. Duta ini memiliki tugas diantaranya adalah untuk membantu google dalam mempromosikan produk google di asia tenggara.

Kepala UPT PSI Udinus Ifan Rizqa mengatakan, sejak diluncurkannya Google Apps for education, Udinus telah mengamati dan mencoba mengikuti perkembangannya.  Pada 3 tahun lalu sebagian service telah dicoba namun belum disertakan pada sistem-sistem yang sedang dan telah dibangun oleh UPT-nya. Berbagai bug dan kekurangan dari service-service yang adapun sering kali ditemukan pada saat uji coba dan implementasi.

“ 1 tahun setelah mengenali, layanan service dari Google Apps for education kami telah telah mampu membuat  email mahasiswa dengan format nim@mhs.dinus.ac.id dari google sebanyak 12000an akun dengan kapasitas 25 gb. Kemudian service lain seperti google doc (doc, sheets, presentation) dan  drive,” ujar Ifan. 

Ditambahkan, pada Maret  mendatang  Udinus akan mela-unching google weeks dilingkungan kampus yang terdiri dari workshop, product knowledge dan google champion.

Rektor Udinus Dr Ir Edi Noer Sasongko,MKom mengatakan hadirnya google memberikan kontribusi yang luar biasa dalam dunia pendidikan. Ia berharap kampusnya dengan google saling sinergi untuk memberikan sumbangsih bagi kemajuan teknologi informasi dan berdampak positif pada mahasiswa dan stakeholders lainnya.

“Google mewarnai kehidupan kampus, oleh karenanya mari kita optimalkan untuk kemajuan pendidikan,” ujarnya.

Last Update : 27 September 2021