Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


 

Beberapa waktu lalu, mahasiswa Program Studi S-1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan UDINUS melakukan kunjungan lapangan di jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo dan Waduk Jatibarang Semarang.

Kunjungan ke Kabupaten Purworejo dilaksanakan pada Hari Kamis, 13 Desember 2012, yang diikuti oleh 125 mahasiswa semester 3. Kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa tentang pelaksanaan Sistem Informasi Kesehatan (SIK) serta proses integrasinya dari tingkat Puskesmas sampai dengan tingkat Dinas Kesehatan. Dipilihnya Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo karena insitusi kesehatan ini secara integrative telah menjalankan SIMPUS (Sistem Informasi dan Manajemen Puskesmas) online, dimana proses data di Puskesmas telah terintegrasi secara langsung ke Dinas Kesehatan sehingga semua pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas secara langsung akan terekam dan ter-update dalam system informasi  kesehatan di Dinas Kesehatan. Hal ini akan mempermudah Dinas Kesehatan dalam memantau perkembangan kasus dan kunjungan pelayanan di puskesmasnya.

Sedangkan pada hari Kamis, tanggal 26 Desember 2012,  sejumlah 95 mahasiswa semester 5 melakukan kunjungan lapangan di Pembangunan Waduk Jati Barang Semarang. Kegiatan ini merupakan aplikasi dari mata kuliah Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), dimana  tujuan dari kunjungan ini adalah mahasiswa dapat mengetahui secara rinci  tahap-tahap penyusunan amdal dengan melihat langsung pada pembangunan waduk Jati Barang yang dijelaskan oleh narasumber dari Satuan Kerja Waduk Jati Barang. Untuk selanjutnya, diharapkan terdapat kerja sama antara Balai Besar Wilayah Sungai Pamali Juwana dengan mahasiswa kesehatan dalam upaya merawat sungai seperti memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai sehingga banjir yang ada di kota Semarang dapat ditanggulangi.

 

Last Update : 19 September 2021