Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


Dalam rangka memperingati hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November 2012, tujuh mahasiswa beasiswa unggulan (BU) Fakultas Kesehatan UDINUS yaitu: Yusuf Anggara Sakti, Nur Arifatus Sholihah, Novia Eka Pratiwi, Pramitha Naily, Ananda Maharani, Putri Nur Riani, dan Juli Sara melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) pada tanggal 24 November 2012, tepatnya hari Sabtu di SD Pedrikan Kidul I dan II bagi siswa-siswa kelas 4 (empat).

 

Kegiatan ini dimulai dengan survey perilaku hidup bersih dan sehat kepada 75 siswa SD Pendrikan Kidul I dan II terlebih dahulu. Hasil angket menunjukkan bahwa masih terdapat sekitar 23% siswa belum melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, antara lain tidak mencuci tangan sebelum makan, membuang sampah tidak pada tempatnya serta tidak menjagake bersihan gigi dan mulut.  Berdasarkan hasil survey inilah dilakukan penyuluhan tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), dengan harapan tingkat pemahaman dan praktik siswa semakin lebih baik dalam menjaga kebersihan dan kesehatannya.

 

PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) adalah upaya untuk memberikan pengalaman belajar/menciptakan suatu kondisi bagi perorangan  keluarga, kelompok dari masyarakat dengan membuka jalur komunikasi, memberikan informasi dan melakukan edukasi untuk meningkatkan, sikap dan perilaku guna membantu masyarakat mengenali dan mengatasi masalahnya sendiri sehingga masyarakat sadar dan mampu mempraktekan PHBS (Perilaku Hidup Sehat Bersih dan Sehat) melalui pendekatan pimpinan (Advokasi), bina suasana (Sosial Suport) dan pemberdayaan masyarakat (Empowerment). Terdapat 5 (lima) PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yaitu PHBS Rumah Tangga, PHBS Sekolah, PHBS Sarana, PHBS Tempat kerja,  Kesehatan dan PHBS Tempat - tempat Umum.

 

Kami merasa senang dan bangga  saat diberi kesempatan untuk menularkan pengetahuan dengan melakukan kegiatan penyuluhan di SD Pedrikan Kidul I dan II, Walaupun kami merasa kurang yakin, tetapi dengan kekompakan dan kebersamaan yang bersatu dalam semboyang kami "SEMANGAT 5 JARI RAIH PRESTASI", akhirnya kami pun mampu menyampaikannya sesuai dengan tujuan dan harapan kami semua dengan baik. Serta para siswa - siswi pun sangat antusias, dan bersemangat dengan apa yang kami sampaikan dapat di terima dengan baik." kata Nur Arifatus, Ketua Pelaksana kegiatan pengadian masyarakat.

 

PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)  sangat penting untuk kehidupan kita semua, dengan kita mengerti, memahami, dan dapat menerapkannya dengan baik dalam kehidupan sehari - hari maka jiwa kepedulian kepada diri sendiri bahkan orang lain serta lingkungan sekitar akan dapat di terapkan kepada anak cucu dan para penerus bangsa. Mahasiswa BU FKes 2012

Last Update : 13 Juni 2021