Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun



UDINUS melalui UDINUS Career Center, bekerja sama dengan 50 perusahaan terkemuka menggelar JOB FAIR UDINUS yang ke-7 pada Sabtu (10/11) dan minggu (11/11). Kegiatan rutin ini merupakan salah satu bentuk komitmen UDINUS Career Center dalam upayanya untuk mencapai sasaran mutu UDINUS, terkhusus lulusan bisa bekerja sesuai dengan bidangnya maksimal 6 bulan setelah lulus sebanyak 80%. Melalui JOB FAIR kali ini, lulusan di permudah memilih perusahaan yang sesuai dengan kompetensi masing-masing, ada Perbankan, Industri, Manufaktur, Asuransi, Otomotif, Finance, Retail, Perhotelan, Telekomunikasi dan Informatika tentunya.

Salah satu visi UDINUS Career Center adalah membina hubungan baik dengan stake holder, mengelola database alumni dengan baik dan mempersingkat waktu tunggu memperoleh pekerjaan. Hal ini salah satunya dicapai dengan JOB FAIR. Selain itu, ada kegiatan pengembangan kemampuan kompetensi seperti Technical Competency Workshop (TCW) dan Technical Competency Course (TCC); pengembangan karir seperti Career Development; kegiatan recruitment seperti On Campus Recruitment, Campus Hiring, Career Day dan JOB FAIR.

Perguruan tinggi yang baik adalah yang memperhatikan kompetensi lulusan dan mempermudah lulusan dalam hal mencari pekerjaan yang sesuai. Oleh sebab itu, UDINUS Career Center berkepentingan untuk mempertemukan para lulusan dengan perusahaan yang sudah bermitra dengan UDINUS Career Center, baik melalui MOU maupun kerja sama rutin lainnya. Saat ini UDINUS Career Center sudah mulai mengembangkan kerja sama dengan beberapa perusahaan swasta nasional terkemuka untuk lingkup Jawa Tengah, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan DIY. Target selanjutnya adalah tingkat nasional se Indonesia dan bekerja sama dengan perusahaan multinasional dan perusahaan asing yang sesuai dengan kompetensi lulusan UDINUS.

JOB FAIR UDINUS yang ke-7 kali ini dihadiri tidak kurang dari 2.000 alumni UDINUS, baik yang fresh graduated maupun yang sudah bekerja dan menghendaki pekerjaan yang lebih sesuai dengan kompetensinya. Jika dilihat dari data lulusan pada wisuda terkini yaitu periode ke-44 dan ke-45, jumlah lulusan UDINUS sebanyak 1000-an lulusan. Berdasarkan hal tersebut, jika dibuat statistiknya maka seluruh lulusan UDINUS wisuda terkini hadir dalam acara JOB FAIR tersebut.

“Dalam kegiatan JOB FAIR ini, UDINUS Career Center berperan sebagai event organizer dengan melibatkan mahasiswa aktif UDINUS. Kami tidak melibatkan pihak ketiga sebagai EO”, jelas Rindra Yusianto, S.Kom, MT selaku Kepala UDINUS Career Center. Hal ini sebagai wujud upaya pembelajaran sekaligus latihan bagi mahasiswa untuk terjun ke dunia pekerjaan secara langsung, tambahnya.

JOB FAIR kali ini melibatkan mahasiswa aktif UDINUS (sebagian besar anggota UKM DNCC dan PSM), konsep kerja UDINUS Career Center adalah efektif dan efisien, dengan job desk yang jelas. Bisa dibayangkan, event sekelas JOB FAIR yang biasanya dilakukan oleh EO yang melibatkan banyak orang, di UDINUS cukup dikelola oleh mahasiswa. Ini menunjukkan bahwa mahasiswa UDINUS berkualitas. Perlu diketahui, UDINUS masih memiliki sekitar 10rb-an mahasiswa aktif yang pastinya berkualitas.

Selain dihadiri alumni UDINUS, ada juga beberapa alumni Non UDINUS, baik dari Semarang, Jogjakarta, Solo, Bandung bahkan Jakarta. “Ini adalah salah satu kesempatan open house UDINUS, dan secara tidak langsung mengarahkan job seeker Non UDINUS untuk mengenal UDINUS lebih dalam. Kelak, mereka akan bercerita kepada adik, saudara, tetangga dan anak-anak mereka, bahwa UDINUS salah satu tempat study yang berkualitas didukung oleh lokasi yang strategis dan representative”, jelas Lilis Khusniati, SS. Selaku ketua Panitia JOB FAIR kali ini.

Semoga kegiatan ini bermanfaat dan membawa berkah kebaikan bagi kita bersama.

Last Update : 13 Juni 2021