Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


Bismillahhirohmanirohim

Assalamu ‘alaikum wr. wb.,

Selamat pagi dan Salam sejahtera untuk kita semua.

Karena baru pulang dari Melaka, saya mohon ijin untuk mengawali sambutan ini dengan satu rangkap pantun dan pantun ini ditujukan buat para  hadirin sekalian serta para wisudawan yang berbahagia:

TOREHAN TINTA DIATAS BATU PUALAM

TERANGI HATI LALUI BISIKAN ALAM

SEPENUH HATI SAYA MENGHATURKAN SALAM

JALIN SILATURAHMI DALAM PERSAUDARAAN

 

ANAK AYAM TURUN SEMBILAN,

MATI SATU TINGGAL DELAPAN,

SUNGGUH BAHAGIA MELIHAT SENYUM MENAWAN,

DARI PARA WISUDAWAN CALON NEGARAWAN.

 

Puji sukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT bahwa pada pagi hari ini kita semua diberi kesempatan dan kemampuan untuk berkumpul bersamaq di Patra Convention Hotel guna melaksamnakan salah satu kegiatan yang sangat membanggakan, yaitu Wisuda Magister, Wisuda Sarjana dan Wisuda Diploma Tiga Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami atas nama seluruh sivitas akad Universitas Dian Nuswantoro mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi. Kepada orang tua dan keluarga wisudawan, kami turut bersykur dan berbahagia sertã sekali lagi  mengucapkan selamat atas keberhasilan  anggota keluarga Bapak/Ibu dan Saudara sekalian.

Pada kesempatan yang berbahagia ini pula, kami sampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh rekan dosen, staf administrasi, rumah  tangga dan seluruh karyawan Universitas Dian Nuswantoro atas segala kerjasama, keiklhasan serta  kesungguhannya dalam melaksanakan tugas mendidik mahasiswa kita hingga mereka berhasil menyelesaikan studinya dan  diwisuda pada pagi bahagia ini.

Para Wisudawan sekalian yang berbahagia,

Seperti kita ketahui bersama, didalam lautan yang terbentang sedemikian luasnya, terdapat ribuan atau bahkan jutaan jenis ikan yang dapat  kita ambil setiap saat secara cuma-cuma. Berapapun kebutuhan ikan yang kita perlukan, lautan menyediakan semuanya. Kapanpun kita mau mengambil ikan, lautan juga mempersilahkan dengan senang hati.  

Ikan dan lautan adalah sebuah ilustrasi mengenai sumber kehidupan bagi umat manusia yang telah disediakan oleh alam secara cuma-cuma. Bahwa yang namanya rejeki, sebenarnya sudah ada dan sudah tersedia disekeliling kita dan kita tinggal memanfaatkannya. Satu hal yang perlu kita perhatikan adalah, bahwa untuk memanfaatkannya diperlukan adanya kerja keras dan kerja cerdas.

Kerja keras adalah suatu tindakan atau perbuatan yang dilakukan dengan sekuat tenaga, terkadang menghabiskan waktu yang cukup lama untuk bisa menggapai apa yang telah diinginkannya. Para pekerja keras membutuhkan adanya semangat atau motivasi yang tinggi dan tenaga mereka untuk menggapai tujuan yang ingin mereka raih. Kerja keras tidaklah selalu berasosiasi dengan kerja fisik yang menguras tenaga. Kerja keras juga bisa berarti menguras pikiran dan waktu untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Kerja keras adalah  usaha maksimal untuk memenuhi keperluan hidup di dunia dan di akhirat yang disertai sikap optimis. Setiap orang wajib berikhtiar secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan hidup di dunia dan akhirat. Kebutuhan hidup manusia baik jasmani maupun rohani harus terpenuhi. Kebutuhan jasmani antara lain makan, pakaian dan tempat tinggal sedangkan kebutuhan rohani diantaranya ilmu pengetahuan dan nasehat.

Kerja cerdas artinya bisa memilih waktu dan alat  yang tepat untuk bertindak sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang maksimal. Kerja cerdas adalah menggunakan kekuatan kreativitas dalam bekerja. Dengan kekuatan kreativitas maka seseorang akan mampu menemukan ide-ide yang cemerlang baik ide-ide cara bekerja maupun ide-ide tentang tujuan. Seseorang yang mampu bekerja dengan cepat dan hasil yang berkualitas karena mereka menemukan ide-ide tentang cara bekerja terbaik. Seseorang yang cerdas pun mampu menyelesaikan setiap masalah karena mereka mampu menghasilkan ide-ide solusi. Kecerdasan dalam bekerja akan berbanding lurus dengan kreativitas. Bagaimana kita bisa menjadi lebih produktif dengan alokasi waktu kerja yang sama atau dengan menggunakan peralatan yang sama.

Bagi para wisudawan diharap bisa menyerap intisari dari ilustrasi yang ada diatas. Mulai saat ini, kalian semua  harus bisa  menangkap ikan ataupun menangkap sumber kehidupan disamudra yang sangat luas guna memenuhi kebutuhan hidup saudara. Baik untuk memenuhi kehidupan diri sendiri ataupun kehidupan keluarga saudara. Menangkap ikan disamudra yang luas adalah satu pekerjaan yang tidak mudah, demikian pula halnya dengan menangkap sumber kehidupan. Semuanya diperlukan kerja keras dan kerja cerdas.

Secara akademis, Saudara dianggap sudah cukup kuat dan cukup mampu, serta cukup memiliki kecerdasan dan bekal ilmu pengetahuan yang diperlukan untuk melakukan semua itu. Karena itu pula, secara akademis Udinus rela melepas saudara  dari pangkuan susu ilmu pengetahuan.

Dalam Alqur’an surat Al Mujaadilah ayat 11 Allah berfirman: Allah akan meninggikan orang orang yang beriman diantara kamu dan orang orang yang diberi Ilmu Pengetahuan beberapa derajat. Dalam surat ini Allah secara tegas memberikan jaminan, bahwa para Wisudawan selaku orang yang memiliki ilmu pengetahuan, akan mendapatkan penghidupan yang lebih layak selepas wisuda ini. Aamiin Amin ya robal alamin..

KALAU MUSIM MAWAR RAMPAK BERBUNGA

TAK BOLEH LEKAS BURU-BURU  KITA MEMETIKNYA

JANGAN SEKALI-KALI KITA BERPUTUS ASA

KARENA ALLAH BERSAMA KITA

Para hadirin sekalian yang kami hormati,

Kerjasama UDINUS dengan ITB dalam bentuk twinning program, telah berjalan sejak tahun 2006, dan hingga kini, secara rutin UDINUS terus dan terus mengirim beberapa mahasiswanya untuk belajar di ITB. 2 tahun belajar di UDINUS dan 2 tahun belajar di ITB dan setelah lulus, mahasiswa yang bersangkutan mendapat dua gelar sekaligus, yaitu sebagai Sarjana Teknik ITB dan Sarjana Komputer UDINUS. Melihat hasil yang begitu menggembirakan dan membanggakannya, pihak ITB kini memberi kepercayaan tambahan kepada UDINUS untuk mengikuti program Fast-Track, artinya: 2 tahun di UDINUS dan 3 tahun di ITB langsung Master. Dosen-dosen UDINUS pada saat ini juga banyak yang studi lanjut di ITB.

demikian pula halnya dengan kerjasama yang dilakukan dengan pihak ITS, UI, UNDIP dan UNS  juga mengalami peningkatan yang sangat luar biasa. Mereka  mengijinkan mahasiswa UDINUS untuk melakukan credit transfer, dengan cara ini,  mahasiswa UDINUS bisa menempuh pendidikan di ITS, UI, UNDIP ataupun UNS selama 2 atau 3 semester. Dosen-dosen UDINUS pada saat ini juga banyak yang studi lanjut diperguruan tinggi terkemuka tersebut.  Secara prinsip kerjasama ini semuanya  mengarah  kepeningkatan mutu dan kualitas pendidikan.

Dengan perguruan tinggi yang ada  di Malaysia, seperti halnya UTEM (Universiti Teknikal Malasia Melaka), MMU (Multimedia University), MU (Malaysia Universitiy) dan UKM (Universityi Kebangsaan Malaysia) yang pada awalnya hanya berujung double degree, kini juga  telah berkembang menjadi fast-track dan student mobility. Secara rutin Udinus mengirim mahasiswa dan alumninya untuk studi lanjut ataupun student mobility  di Malaysia, demikian pula halnya dengan perguruan tinggi di Malalaysia yang juga mengrim mahasiswanya ke Udinus untuk student mobility.

Karena hubungan kerjasama antara Udinus dan perguruan tinggi di-Malaysia yang secara terus menerus mengalami peningkatan, maka pada tanggal 20 oktober 2012 ini, Rektor Udinus mendapat penghargaan berupa Doktor Honouris Causa Bidang Pebangunan Pendidikan Teknologi Maklumat dari Universiti Teknologi Malaysia Melaka. Dengan demikian, Rektor Udinus merupakan orang pertama dan satu-satunya orang asing yang menerima gelar kehormatan tersebut.

Selain Malaysia, Udinus juga telah menandatangani MOU dengan Chung Yuan Christian University di Taiwan serta dua buah perguruan tnggi negri terbesar dan terkemuka di Bangkok, yaitu  Rajamangala University of Technology Thanyaburi dan Burapha University.  Insya Allah pada bulan November yang akan datang, Udinus akan mengirim 16 orang mahasiswa yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas Kesehatan Masyarakat serta mahasiswa Pascasarjana untuk melakukan student mobility di kedua perguruan tinggi tersebut. Biaya pendidikan sepenuhnya akan ditanggung oleh kedua universitas tersebut, sedangkan transportasi dan biaya hidup selama di Bangkok, akan ditanggung oleh Badan Perencanaan Kerjasama Luarnegri (BPLKLN) Depdiknas melalui Beasiswa Unggulan.

Dalam kesempatan ini, UDINUS memberikan tawaran beasiswa secara langsung kepada para wisudawan/alumni yang bersedia melanjutkan studinya di Malaysia, Taiwan, Bangkok ataupun China hingga jenjang S2 dan S3 untuk segala bidang ilmu. Bagi wisudawan/ alumni yang berminat diharapkan segera menghubungi WR1 ataupun Direktur kerjasama ataupun Direktur Pasca Sarjana untuk diproses keberangkatannya pada semester yang akan datang. Tawaran ini kami berikan karena adanya kebutuhan pengajar yang sangat besar, dan  stok dosen yang UDINUS miliki sudah tidak mencukupi dan oleh karena itu UDINUS harus melirik dan memberi kesempatan kepada para alumni.

Para wisudawan sekalian yang berbahagia,

Dalam bidang penelitian, UDINUS pada saat ini  tengah menjalin kerjasama dengan beberapa  keraton  yang ada di Pulau Jawa, dan hasilnya Udinus berhasil membuat beberapa gamelan elektronik untuk gamelan-gamelan pusaka yang ada dikeraton tersebut. Tercatat Gamelan Talogo Muncar, Gamelan Pangrawit Sari keduanya dari Puro Pakualaman, sertã  Gamelan Lokananta dan Gamelan Sukosih dari Kraton Surakarto Hadiningrat.

Setiap gamelan, paling tidak memiliki 10 racikan yang terdiri atas: gong, kenong, kempul, saron penerus, saron barong, demung, bonang sarung, bonang  penerus,  slentem dan kendang. Semua peralatan gamelan tersebut, kemudian kami rubah kedalam bentuk digital melalui program IPad, Windows, Android dan  Blackberry. Kalau satu alat pada gamelan elektronik bisa menghasilkan 1 hak cipta, maka pada empat gamelan pusaka bisa menghasilkan 40 hak cipta. Kalau semuanya itu kemudian dibikin dengan menggunakan 4 program komputer yang berbeda, Insya Allah tahun ini Udinus akan memiliki 160 hak cipta dari Dirjen HAKI, Kementrian Hukum dan HAM.

Para hadirin sekalian yang berbahagia,

Semoga apa yang kami lakukan ini bisa menimbulkan  semangat bagi para wisudawan untuk terus dan terus berusaha. Bahwa diantara berbagai kesulitan, juga terdapat berbagai peluang dan kemudahan.  Seluruh staf akademika Universitas Dian Nuswantoro senantiasa berdoa untuk keberhasilan para wisudawan dalam menghadapi tantangan dimasa mendatang.

Semoga dengan adanya berbagai keberhasilan ini, justru semakin memacu kami untuk bisa bekerja lebih baik dan lebih keras dalam hal mendarma baktikan apa yang kami miliki kepada nusa dan bangsa. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya kepada kita semua, serta memberkati hubungan baik  yang telah kita bina selama ini. Restu dan pangestu dari para sesepuh, pini sepuh dan para hadirin sekalian senantiasa kami harapkan agar dalam melaksanakan tugas-tugasnya, Universitas Dian Nuswantoro selalu dapat bermanfaat bagi masyarakat serta sesuai dengan apa yang menjadi kehendak-Nya.

Akhirnya apabila saya dalam penyampaian untaian kata kurang berkenan dihati para hadirin, saya mohon maaf yang setulus-tulusnya.

Tak akan lengkap sambutan saya ini, jika saya tidak mengakhirinya dengan kembali berpantun:

 

JALAN JALAN KEKOTA LAMA,

MAMPIR KE JOHAR BELI SEMANGKA,

HARI INI BOLEH KITA BERBANGGA,

KARENA ANDA SEMUA TELAH SIAP MENJADI CALON PEMIMPIN BANGSA

 

ADA KANDANG KUDA,

ADA PULA KANDANG ONTA,

BANYAK HARAPAN SAAT DIWISUDA,

TAPI TETAP INGAT UDINUS ALMAMATER KITA

 

SEKIAN, TERIMA KASIH

Wabillahi taufik wal hidayah.

Wassalamu ‘alaikum wr.wb.

DR. Ir. Edi Noersasongko, MKom.,

Rektor UDINUS

 

Last Update : 19 September 2021