Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


Dengan mengucap puji syukur kehadirat Tuhan Yang Esa, atas berkah rahmat dan karuniaNYA, pada hari Rabu, 31 Oktober 2012, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) melaksanakan acara wisuda ke-45 bertempat di  Patra Semarang Convention Hotel. Pada acara wisuda ke-45 Udinus berhasil mewisuda 535 Sarjana Komputer, 30 Sarjana Seni dan 94 Ahli Madya bidang keahlian Komputer.

Wisudawan berasal dari berbagai program studi, yaitu 371 mahasiswa dari program studi Teknik Informatika, 164 mahasiswa dari program studi Sistem Informasi, 30 mahasiswa dari program studi Desain Komunikasi Visual, 28 mahasiswa dari program studi Manajemen Informatika (D3), 44 mahasiswa dari program studi Teknik Informatika (D3)  dan 22 mahasiswa dari program studi Penyiaran (D3).

Daftar wisudawan terbaik masing-masing program studi , yaitu :

  1. Stefani Septi Kumala I P (IPK 3.91)   :  Teknik Informatika
  2. Dandy Ananditya (IPK 3.88)              :  Sistem Informasi
  3. Tri Aryanto (IPK 3.80)                       :  Desain Komunikasi Visual
  4. Devi Risnawati (IPK 3.76)                  :  Manajemen Informatika (D3)
  5. Idha Islami (IPK 3.51)                      :  Teknik Informatika (D3)
  6. Aufa Mawarid (IPK 3.58)                    :  Penyiaran (D3)

Rektor Udinus, Dr. Ir. Edi Nursasongko, M.Kom yang baru minggu lalu  mendapat penghargaan Doktor Honoris Causa dari pemerintah Malaysia lewat Universiti Teknikal Malaysia Malaka (UTeM), berpesan kepada para wisudawan: “Untuk menangkap sumber kehidupan yang terbentang luas diperlukan kerja keras dan kerja cerdas. Secara akademis, para wisudawan sudah dianggap mempunyai keduanya untuk menangkap sumber kehidupan guna memenuhi kebutuhan hidup, sehingga Udinus rela melepas saudara dari pangkuan susu ilmu pengetahuan”.

Kerja Cerdas yang dimaksud adalah dapat memilih waktu dan alat yang tepat untuk bertindak sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang maksimal. Kerja Cerdas adalah menggunakan kekuatan kreativitas dalam bekerja. Dengan Kreativitas akan mampu menemukan ide-ide yang cemerlang, termasuk ide solusi dalam memecahkan masalah yang muncul dalam bekerja. Dengan kreativitas akan menjadi lebih produktif dengan alokasi waktu kerja yang sama atau menggunakan alat yang sama.

Pada kesempatan kata perpisahan wakil wisudawan yang diwakili oleh Tsumana Wulan Setyoningrum mengajak rekan-rekannya untuk terus berkarya. Wulan adalah contoh mahasiswa yang berhasil dalam berwirausaha memanfaatkan teknologi informasi yang diajarkan di Udinus. Wulan memulai wirausahanya ini sejak menjadi mahasiswa Udinus yang aktif dalam DNCC (Dian Nuswantoro Computer Club).   

IT preneurship yang digelutinya sekarang beromzet 200 jt perbulan ini sungguh luar biasa. Wulan memanfaatkan teknologi social media Facebook, Blog serta website dengan alamat http://miulanboutique.orgfree.com/ untuk memasarkan dan bertransaksi busana muslim dan jilbab.

Sekarang Miulan Boutique sudah memiliki agen yang tersebar diseluruh Indonesia yang kebanyakan adalah para teman-teman mahasiswa semasa kuliah dan telah export ke Singapura, Brunei, Malaysia dan Hongkong.

Dalam menjalankan usahanya Wulan mengajak ibu-ibu rumah tangga di sekitar tempat tinggalnya dalam produksi busana muslim dan jilbab rancangannya sehingga membantu menambah income bagi mereka. Wulan juga tidak henti-hentinya mengajak teman-teman mahasiswanya untuk bergabung menjadi agen untuk berwirausaha dengan nyaris tanpa modal.

Wulan mengatakan “Ini semua adalah hasil dari pembelajaran yang diadakan di Udinus, selain diajarkan Teknologi Informasi juga diajarkan ilmu kewirausahaan, terimakasih Udinus”.

Pada kesempatan itu pula disampaikan Udinus memberikan tawaran beasiswa secara langsung kepada wisudawan/alumni yang bersedia melanjutkan studinya ke Malaysia, Taiwan atau Bangkok hingga jenjang S2 dan S3 untuk semua bidang ilmu. Tawaran ini diberikan karena kebutuhan yang besar utamanya dibidang studi multimedia, animasi maupun game teknologi.

(.Humas Udinus.)

Last Update : 15 Juni 2021