Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


Tahun 2013, Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Sebagai lembaga perguruan tinggi komputer swasta terbesar di Semarang yang bekerjasama dengan perguruang tinggi negeri dan swasta baik didalam negeri dan luar negeri ini terpilih sebagai penyelenggara Forum Informatika Kesehatan Indonesia (FIKI). Pada acara ini UDINUS bekerja sama dengan beberapa pihak, salah satunya adalah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

FIKI merupakan forum yang diselenggarakan untuk mempertemukan para praktisi, pembuat kebijakan, akademisi, peneliti, vendor dan pengguna teknologi informasi kesehatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dan pengetahuan yang terkait dengan sistem informasi/informatika kesehatan. Narasumber dalam forum ini diantaranya dr. Nafsiah Mboi, DSpA, MPH (Menteri Kesehatan), Prof. Ali Gufron Mukti (Wakil Menteri Kesehatan) dan Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom. (Rektor Universitas Dian Nuswantoro).

Forum yang kepanitiaannya diketuai oleh Eti Rimawati, M.Kes. ini menurut rencana akan diselenggarakan selama dua hari dimulai dari tanggal 18 hingga 19 April 2013. Ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan, diantaranya adalah workshop yang akan diselenggarkan di laboratorium komputer Universitas Dian Nuswantoro dan kunjungan lapangan yang bertempat di Puskesmas Bangetayu, Puskesmas Halmahera, Puskesmas Mijen dan Rumah Sakit Telogorejo Semarang. Adapun peserta FIKI ini tidak terbatas hanya lingkup praktisi yang berkecimpung di dunia kesehatan saja, namun mahasiswa ataupun profesional yang bergerak di bidang sistem informasi juga menjadi target utama peserta FIKI 2013.

Mengambil tema “Health Information System to Succeed the Enactment of Indonesia Universal Health Coverage”, kegiatan yang akan dihadiri langsung oleh Menteri Kesehatan RI ini, diharapkan dapat menjadi satu referensi bagi arah dan strategi implementasi sistem informasi di bidang kesehatan terkini secara nasional. Selain itu, juga memberikan masukan-masukan kepada pemegang kebijakan nasional terkait temuan-temuan di lapangan sehingga, bersama-sama membangun standardisasi informatika kesehatan di Indonesia

 {diliput oleh kholid khazmi | wartakampus | UKM Pers Kampus}

Last Update : 19 September 2021