Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia tiap tahun memberikan perhargaan atas prestasi dan karya-karya terkait dalam pemanfaatan dan implementasi free and open source software (FOSS) di lingkungan pemerintahan, baik pusat maupun daerah, sekolah, mahasiswa, wartawan, tokoh, dan komunitas lewat ajang yang diberi nama Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012.

“Penghargaan ini diberikan kepada anak-anak bangsa yang berhasil menciptakan dan menyebarkan open source software lokal yang merupakan solusi untuk menurunkan angka pembajakan dan penggunaan software illegal,” kata Menkominfo Tifatul Sembiring seusai menyerahkan penghargaan pemenang IOSA 2012 di Jakarta, Rabu (4/7).

Udinus yang merupakan perguruan tinggi yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) juga andil dalam ajang nasional tersebut. Pada level tokoh pendidikan, pemenangnya adalah dosen Udinus Edy Mulyanto,S.Si,M.Kom yang mendorong penggunaan open source di pendidikan melalui materi ajar dan mendorong mahasiswa menggunakan open source.

Edy Mulyanto sudah berkiprah cukup lama didunia FOSS, di era 90-an beliau ikut tergabung KPLI Jawa Tengah, di tahun 2007 mendirikan Dinus Open Source Community (DOSCOM) di tahun 2008 mendirikan Jawa Tengah Open Source Center (JOSC) dan Indonesia Go Open Source (IGOS) Semarang. Edy juga aktif dalam kegiatan pelatihan open source, antara lain pelatihan open source software bagi tuna netra yang merupakan program yang mendapat sambutan hangat oleh kalangan penggerak FOSS. Kegiatan yang lain adalah migrasi sistem artinya memindahkan sistem operasi dari yang berbayar ke FOSS pada kantor pemerintahan, sekolahan dan beberapa BPR.
Komunitas Open Source DOSCOM yang dibimbing Edy Mulyanto telah melahirkan suatu distro sendiri yang bernama TEA LINUX. Distro adalah sebuatan untuk suatu paket sistem operasi FOSS yang disebarluaskan ke masyarakat dan prestasi yang lain yang cukup membanggakan adalah 4 anggota DOSCOM terpilih menjadi GOOGLE Student Ambassador menyisihkan 600 pesaing, dan dibulan ini mendapat pelatihan dan koordinasi langsung yang dipusatkan di Singapura oleh kantor GOOGLE.

Last Update : 15 Juni 2021