Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring membuka Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan (Semantik) 2012 di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dengan sambutannya tentang target-target Indonesia di bidang IT. Masih dengan pantunandalannya ia membeberkan road map IT Indonesia mulai akhir 2012 hingga 2018.

"Akhir tahun ini kami akan menyambungkan jaringan fiber optic kelas broadband, dengan begitu lima pulau besar Indonesia akan tersambung," kata tifatul dalam seminar bertema 'intellectual, business and goverment Sebagai Ekosistem dan Aktor Utama Penggerak Pengembangan Industri Kreatif Berbasis Budaya untuk Mengangkat Citra dan Identitas Bangsa Indonesia' itu, Sabtu (23/6/2012).

Ia melanjutkan, pada 2014 program itu berlanjut dengan tema Indonesia Informatif dengan arti bangsa Indonesia bisa menyaring informasi yang berkualitas. Lalu, pada 2018 target berikutnya adalah Indonesia Digital. Di tahun itu akan pengalihan dari analog menuju digital. Menurutnya, potensi IT sangat besar. Bahkan bisa enumbuhkan 3% hingga 5 % perekonomian negara. Bahkan Volume bisnis dari bidang iT yaitu broadcast, komunikasi dan internet mencapai Rp 400 triliun. Karena itu ia yakin posisi IT sangat penting bagi indonesia. "It bisa menambah devisa melalui ekonomi kreatif, menyerap tenaga kerja, pencerdas kehidupan bangsa, dan alat demokrasi," katanya usai membaca pantun kelimanya.

Ditambahkan, untuk lebih meningkatkan peran terhadap dunia IT ia mengaku harus mampu meningkatkan 3 pilar utama yakni internet, broadcasting, dan telekomunikasi. “Pilar-pilar ini harus mampu dipahami dan dikuasai dengan baik sehingga mampu memberi kontribusi berarti pada bangsa ini,” ujarnya.

Last Update : 15 Juni 2021