Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


Sebanyak 815 mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ilmu Komputer (FIK) untuk periode semester genap 2012/2013 diminta untuk mengikuti program bimbingan karir (BK) dan memanfaatkan berbagai potensi yang ada. Sehingga mampu berkompetisi dan menghasilkan karya yang dapat dipublikasikan secara nasional maupun internasional.

Demikian disampaikan sekretaris dekan FIK, Pujiono,MKom saat memberikan penjelasan BK pada mahasiswa di gedung E lt 3 kampus Udinus, jl. Nakula I no 5-11, kemaren.

Ia menyampaikan BK memiliki serangkaian kegiatan diantaranya Kuliah Kerja Lapangan(KKL), Seminar, Workshop, Portofolio dan Sertifikasi.

KKL merupakan kegiatan dalam rangka kunjungan industri di beberapa perusahaan yang kompeten sesuai dengan program studi masing-masing. Misalnya untuk program Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Manajemen Informasi melakukan kunjungan ke beberapa perusahaan ternama seperti microsoft, gamatecno,dan sejenisnya. Beberapa yang lain seperti multi media, broadcasting akan akan melakukan kunjungan di perusahaan industri kreatif seperti Baros, Matahari leisure, Kasat mata studio, Petak Umpet. Sementara untuk prodi Broadcasting sudah komitmen untuk menjalin kerjasama dengan beberapa stasiun televisi, production house, asosiasi film dan lain sebagianya. Seminar dan workshop akan mendatangkan praktisi-praktisi yang sesuai dengan bidang kompetensinya masing-masing dan akan dioptimalisasikan agar mahasiswa mampu menghasilkan karya lebih unggul dan mempunyai nilai plus.

”BK harus menjadi hal yang fundamental, karena di dalamnya terdapat beberapa hal dalam menunjang karir mahasiswa setelah nanti selesai kuliah,” ujar Puji.

BK menjadi serangkaian proses agar mahasiswa mampu melakukan sesuatu dan menghasilkan karya yang punyai nilai.

”Proses belajar di kampus adalah bagian dari proses belajar. Di dalamnya ada kegiatan BK dan itu dapat disinergikan menjadi sebuah sebuah formula bagi mahasiswa untuk memberi kontribusi yang sangat baik, ” tambahnya.

Eva, salah seorang mahasiswi mengatakan BK sangat penting dan diperlukan karena selain terjun langsung dalam lingkup perusahaan yang sudah mapan, juga diberi kesempatan untuk berekpresi melakukan ide-ide sesuai dengan apa yang diinginkan mahasiswa.

”Kami sangat senang dan terima kasih sekali, karena dalam program BK kami bisa mengeluarkan apa yang ada dalam benak kami. Banyak hal yang perlu kami ekspresikan, dan di BK inilah tempatnya. Kami sangat berterima kasih,” ujar Eva.

Last Update : 15 Juni 2021