Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mendaftarkan dua paten dari dua inventor yang difasilitasi DP2M Dikti Kementerian Pendidikan Nasional. Dua karya tersebut atas nama Rindra Yusianto SKom MT dan Sari Ayu Wulandari ST.

Kedua peneliti merupakan staff pengajar Fakultas Teknik yang sebelumnya menerima dana bantuan penelitian berpotensi paten dari Dikti. Rindra Yusianto sebagai inventor mengangkat judul ''Alat Tanam Benih Jagung dengan Tuas Pengungkit dan Mekanik Pembuat Lubang'', sedangkan Sari Ayu Wulandari meneliti tentang ''LPG Safety Portable berbasis SMS''.

"Invensi ini berhubungan dengan tuas pada pegangan alat tanam benih jagung yang mampu mengangkat dan menekan mekanik. Alat tersebut terdiri dari empat buah pipa besi penumbuk dengan ujung ulir yang dibuat runcing dan berfungsi untuk melubangi tanah, membuka tutup katup pada bagian bawah kotak penampung benih. Kemudian, mengalirkan benih jagung ke dalam empat buah pipa benih dan menutup lubang tanah dengan gesekan pipa pada tanah," jelas Rindra.

Dosen Fakultas Teknik Udinus ini menambahkan, dengan alat ini selain efisiensi waktu, diharapkan petani jagung tidak perlu lagi membungkuk untuk memasukkan satu per satu benih pada tiap lubang. Sementara itu, pada penelitian Sari Ayu, dia menjelaskan bahwa LPG Safety Portable dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan penggunaan LPG.

Ke depan Fakultas Teknik Udinus akan mempersiapkan tiga buah paten yang juga segera didaftarkan. Hal ini sejalan dengan sasaran mutu perguruan tinggi tersebut, terutama dalam bidang penelitian.

Last Update : 7 Februari 2012