Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


Setelah beberapa waktu lalu melakukan penjajagan, PTS yang ada di semarang yaitu Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menandatangani kerjasama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS). Penandatangan memorandum of understanding (MoU) dilakukan Rektor Dr Ir Edy Noersasongko dengan Prof Ravik Karsidi.

Salah satu program yang akan dilakukan adalah membuat siaran televisi bersama Udinus – UNS yang disiarkan oleh TV KU milik Udinus. Untuk itu, perbaikan dan penambahan antene repeater di Bukit Telomoyo akan dilakukan agar siaran TV KU bisa ditangkap di sekitar Solo.

"Kami sudah memiliki siasiun televisi denga izin komersial. Ini akan menjadi tempat praktek mahasiswa UNS dan sekaligus juga Udinus. Jadi kami garap program bersama yang melibatkan dosen, mahasiswa, dan lainnya di dua universitas," kata Edy usai menandatangani MoU di kampus UNS.

Selama ini, yang sudah diajak membuat program bersama adalah Undip. Sudah ada program Sang Kandidat yang disponsori KPU (Komisi Pemilihan Umum), dan Young Enterpreneur yang disponsori Ketua Kadin Jateng, Kukrit Suryo Wicaksono.

"Dua program itu dibuat bersama sebagai tindak lanjut kerja sama antara Udinus dengan Undip. Nah, hal yang sama akan dibuat dengan UNS. Nanti kami bertemu secara intensif untuk membahas detailnya," jelasnya.

Rektor UNS Prof Ravik Karsidi memberi deadline, pembuatan program TV bersama itu harus sudah terlaksana paling lambat akhir tahun 2012 ini. Sebab ini sangat penting sebagai langkah awal. "Kami tahu Udinus memiliki keunggulan bidang ICT (information and communication technology), bahkan stasiun televisi komersial. Ini akan menjadi tempat praktek yang baik bagi mahasiswa UNS," kata dia.

Di FISIP UNS sendiri sebetulnya sudah diajarkan secara lengkap tentang broadcast televisi. Namun untuk praktek hanya sebatas laboratorium. Karena itulah kerja sama dengan Udinus akan menjadi langkah maju.

Selain pemakaian stasiun televisi, PTS terbaik Semarang tersebut bersama dengan UNS juga merancang program kredit transfer untuk mahasiswa. UNS mempersilakan mahasiswa Udinus mengikuti kuliah di UNS dan kredit yang diambil diakui di Udinus.

Last Update : 12 Januari 2012