Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


Untuk menunjukkan komitmen dan eksistensinya, ternyata mahasiswa dapat melakukan aktivitas-aktivitas yang kreatif dan inovatif, sebagaimana yang telah dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Kesehatan UDINUS. Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan yang jatuh pada tanggal 12 November 2011 dan Hari AIDS sedunia pada tanggal 1 Desember 2011, mahasiswa telah melakukan rangkaian aktivitas:

Tanggal 1 Desember 2011

  1. Promosi dan Sosialisasi Penanggulangan HIV dan AIDS melalui pemasangan poster di lingkungan kampus UDINUS, untuk meningkatkan kesadaran tentang bahaya HIV&AIDS.
  2. Pembagian setangkai bunga mawar sebagai wujud simpati di seputar bundaran Ahmad Yani
  3. malam charity dan sharing dengan ODHA (Orang Dengan HIV&AIDS

Tanggal 2 Desember 2011

  1. Jalan sehat yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dan dosen Fakultas Kesehatan UDINUS
  2. Orasi jalanan, bersama kelompok peer educator dari UNDIP, IAIN dan LSM Griya Asa
  3. Pentas seni
  4. Bantuan dana bagi pengembangan usaha ODHA


Tujuan dari aktivitas ini adalah mahasiswa dapat menjadi motor/penggerak bagi generasi muda untuk berani melangkah menjadi pribadi yang sehat. Hal ini tentu sangat mendukung program kampanye penanggulangan AIDS yaitu “AKU BANGGA AKU TAHU” serta tema hari kesehatan yaitu INDONESIA CINTA SEHAT.

Sedangkan peringatan HAS Tahun 2011 adalah mengkampanyekan pentingnya penanggulangan HIV dan AIDS di dunia kerja sebagai bagian dari perlindungan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) mengingat bahwa lebih dari 85% para pengidap HIV dan AIDS adalah usia produktif. Melalui Peringatan HAS Tahun 2011 ini juga diharapkan pelaku dunia usaha tidak lagi melakukan stigma dan diskriminasi terhadap orang yang terkena HIV dan AIDS.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HMKM) yang bekerja sama dengan BEM Fakultas, Kelompok Studi; Rumah Sahabat dan Tobacco Free Community (TFC) serta semua HM di lingkungan UDINUS, UKM Musik, Teater Kaplink, PSM dan Warta Dinus. Hal ini membuktikan bahwa adanya kesatuan (unity) di mahasiswa dalam menciptakan lingkungan sehat dan bebas dari HIV&AIDS.

Last Update : 5 Desember 2011