Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


Sebanyak 14 mahasiswa dari Malaysia akan menempuh kuliah di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mulai 12 September selama dua semester. Mahasiswa tersebut berasal dari Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM)  yang akan menempuh studi di Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik dan Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer.

Kegiatan itu terlaksana karena adanya kerja sama dalam bentuk student mobility antara Udinus dan UTeM serta bantuan Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN) Kemendiknas.

Rektor Udinus Dr Edi Noersasongko kemarin mengatakan, “Alhamdulillah kami dipercaya oleh universitas di Malaysia untuk mendidik mahasiswanya. Kami juga mendapat kepercayaan Kemendiknas khususnya BPKLN untuk menyelenggarakan student mobility ini. Kepercayaan ini akan kami jawab dengan terus-menerus meningkatkan mutu pada seluruh elemen di kampus.”

Dia menambahkan, program tersebut juga sedang diperluas cakupannya meliputi universitas di Taiwan, Jepang, Korea dan Belanda. Dijelaskan, program tersebut sebagai bentuk kerja sama pertukaran mahasiswa yang dibangun oleh kedua universitas dengan tujuan sharing ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemajuan dan kualitas proses pembelajaran.

Menurut Direktur Kerja Sama Udinus Edy Mulyanto Mkom, kegiatan itu meliputi diskusi pengembangan kurikulum dan silabus pada masing-masing program studi yang ditawarkan. Dilanjutkan diskusi tentang proses belajar mengajar, fasilitas pendukung pembelajaran, modul, laboratorium serta SDM pengajar. ’’Semua harus sesuai dengan kualitas yang sudah disepakati bersama,” katanya.

Pada program tersebut, lanjut dia, pihaknya telah mengirim mahasiswanya ke Malaysia sebanyak 12 orang. Sebelumnya, Udinus juga telah menjalin kerja sama dengan University of Malaya dan Malaysia Multimedia University dalam bentuk studi lanjut, penelitian bersama, credit transfer, dan dual degree.

Last Update : 7 September 2011